Image of Boedi Oetomo : awal bangkitnya kesadaran bangsa

Text

Boedi Oetomo : awal bangkitnya kesadaran bangsa



BOEDI OETOMO telah lahir pada 20 Mei 1908. Meski tanpa mempunyai pengalaman berorganisasi sebelumnya, namun sembilan murid STOVIA yang menjadi pengurus, berusaha mengorganisir Boedi Oetomo sebaik-baiknya agar kelak di kemudian hari, Boedi Oetomo dapat tumbuh menjadi perhimpunan yang lebih universal sehingga menciptakan persaudaraan nasional tanpa pandang suku, kelamin, atau kepercayaan.

Banyak harapan kemudian tertuju pada salah satu organisasi pemersatu bangsa Jawa tersebut. Namun, selama lima tahun sejak kelahirannya, sikap Boedi Oetomo seakan menjejakkan kedua kakinya di dua tempat, satu kaki di pemerintah, dan satu kaki lainnya di pergerakan nasional. Di sisi lain, hegemoni kaum tua yang konservatif membuat pertentangan dalam Badan Pengurus Boedi Oetomo kian memanas.

Buku ini secara menarik mengulas sejarah berdirinya Boedi Oetomo, eksistensi dan kiprahnya dalam pergerakan nasional, serta pengaruh-pengaruhnya dalam menumbuhkan benih-benih semangat kebangkitan nasional di Nusantara. Maka seperti yang dikatakan oleh Soewardi Soerjaningrat, “... Jelaslah bahwa hari 20 Mei tidak lagi merupakan hari milik partai itu, tetapi (telah menjadi) hari milik bangsa Hindia pada umumnya ...


Ketersediaan

00591900 GAM bPerpustakaan Muskitnas (1)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
900 GAM b
Penerbit Media Presindo : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
140 hlm ; 14,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789797880156
Klasifikasi
900
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this